Jumat, 16 Februari 2024

Pramuka Siaga: Pengertian, Kode Kehormatan, dan Materi

 


Pramuka Siaga adalah sebutan untuk anggota Pramuka yang berusia 7 hingga 10 tahun, atau siswa kelas 1-4 Sekolah Dasar. Nama Siaga diambil dari kisah perjuangan bangsa Indonesia yang mensiagakan diri untuk mencapai kemerdekaan dengan berdirinya Boedi Oetomo pada tahun 1908 sebagai tonggak awal perjuangan⁵.

Pramuka Siaga memiliki dua kode kehormatan, yaitu Dwi Satya dan Dwi Dharma. Dwi Satya adalah janji untuk tulus memenuhi kewajiban terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan sesuai aturan keluarga, serta setiap hari akan membantu orang lain. Dwi Dharma adalah tekad untuk mematuhi ayah dan ibu, berani dan tidak pernah menyerah¹.

Pramuka Siaga juga memiliki materi yang bertujuan untuk mengembangkan potensi sosial, spiritual, fisik, dan intelektual generasi muda. Materi tersebut meliputi:

  1. Pengembangan spiritual, yaitu penerapan prinsip-prinsip dasar kepramukaan dan metode kepanduan yang berfungsi untuk memperdalam dan memperkuat iman dan kesalehan serta untuk berterima kasih atas kebesaran Allah yang Mahakuasa².
  2. Pengembangan emosional, yaitu kesempatan untuk mengenali, memahami, dan mengungkapkan nilai-nilai kepramukaan. Pramuka Siaga belajar untuk mengendalikan rasa malu, rasa tidak aman, dan sifat pemberontak².
  3. Pengembangan sosial, yaitu kegiatan yang menumbuhkan rasa persaudaraan, kerjasama, toleransi, dan kepedulian terhadap sesama. Pramuka Siaga belajar untuk menghormati dan menghargai perbedaan, serta untuk berkontribusi dalam kegiatan sosial².
  4. Pengembangan intelektual, yaitu kegiatan yang merangsang daya pikir, daya ingat, daya nalar, dan daya kreatif. Pramuka Siaga belajar untuk mengamati, meneliti, menemukan, dan menyelesaikan masalah dengan cara yang menyenangkan².
  5. Pengembangan fisik, yaitu kegiatan yang meningkatkan kesehatan, kebugaran, keterampilan, dan ketangkasan. Pramuka Siaga belajar untuk menjaga kebersihan diri, lingkungan, dan makanan, serta untuk melakukan olahraga dan permainan yang sesuai dengan usia².

Dengan demikian, Pramuka Siaga adalah kegiatan yang bisa mendidik sifat mandiri, disiplin, dan bertanggung jawab pada diri siswa, sekaligus menyokong mereka dalam menghadapi kehidupan nyata. Pramuka Siaga juga menggunakan metode pembelajaran yang berbasis permainan, sehingga siswa tidak merasa bosan atau jenuh⁴.


Berikut Tim Pramuka Siaga Barung Hijau SD kami

https://www.instagram.com/reel/C3WYTv-Jg7X/?igsh=a2x6dGdmNXI2NXV5 




Source: Conversation with Bing, 2/15/2024

(1) Pramuka Siaga - Materi, Makalah, Permainan dan Rangkuman - Edmodo.Id. https://edmodo.id/pramuka-siaga/.

(2) 8 Materi Pramuka Siaga Lengkap PDF - orangbaik.org. https://www.orangbaik.org/materi-pramuka-siaga/.

(3) LAPORAN LATIHAN MEMBINA PRAMUKA SIAGA (TINGKAT SEKOLAH DASAR) DI SDIT .... https://bansm.kemdikbud.go.id/sispena2020/assets/uploads/dokumen_sekolah/30107372_3.pdf.

(4) Mengapa Pramuka Penting Dilakukan di Sekolah Dasar?. https://news.republika.co.id/berita/s44w4z430/mengapa-pramuka-penting-dilakukan-di-sekolah-dasar.

(5) Mengenal Tingkatan Pramuka Berdasarkan Usia: Siaga hingga Pandega. https://tirto.id/mengenal-tingkatan-pramuka-berdasarkan-usia-siaga-hingga-pandega-gtEt.

Lokasi: Timbulsloko, Kec. Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar