Kamis, 15 Februari 2024

Guru Piket di Sekolah Dasar: Tugas dan Tanggung Jawab


Guru piket adalah guru yang mendapat tugas tambahan untuk menjaga keteraturan dan keamanan lingkungan sekolah, khususnya pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Guru piket ditunjuk oleh kepala sekolah berdasarkan surat tugas, program, dan jadwal piket yang telah disetujui. Guru piket harus hadir lebih awal dan pulang lebih akhir dari jam belajar mengajar, serta melakukan siaga pelayanan pendidikan selama jam pelajaran.

Tugas dan tanggung jawab guru piket di sekolah dasar meliputi:

  1. Meningkatkan pelaksanaan 9K (keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, kekeluargaan, kerindangan, kesehatan, keteladanan, dan keterbukaan) di sekolah.
  2. Mencatat kehadiran, ketidakhadiran, keterlambatan, atau izin guru dan siswa, serta melaporkannya kepada kepala sekolah.
  3. Menegur, memperingatkan, dan mencatat siswa yang melanggar tata tertib sekolah, serta memberikan tindakan edukatif.
  4. Menerima dan melayani tamu yang berkepentingan dengan sekolah atau dengan siswa, serta memberikan kartu izin kepada siswa yang harus meninggalkan jam pelajaran.
  5. Mengecek kebersihan, ketertiban, dan keamanan kelas dan lingkungan sekolah, serta mengatur ketepatan waktu jam pelajaran.
  6. Mengoordinasikan guru pengganti bagi kelas yang gurunya berhalangan hadir, serta mendistribusikan tugas atau mengisi kelas jika terdapat kelas yang kosong.
  7. Mencatat dan melaporkan kepada kepala sekolah atas sesuatu peristiwa yang terjadi di sekolah atau hal-hal lain yang dianggap perlu untuk segera ditindak lanjuti.
  8. Melakukan kegiatan lainnya yang terkait tugas guru piket, seperti membantu kegiatan pembiasaan siswa, mengamati suasana kelas, atau memberitahu guru yang belum mengisi jurnal kelas.
  9. Membuat laporan hasil piket per tugas yang kemudian disetujui oleh kepala sekolah.

Dengan demikian, guru piket memiliki peran penting dalam menunjang kelancaran proses belajar mengajar di sekolah. Guru piket harus melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik, profesional, dan bertanggung jawab. Guru piket juga harus menjadi contoh dan teladan bagi siswa dan guru lainnya dalam hal kedisiplinan, kerjasama, dan kreativitas.

Berikut adalah contoh SK Guru Piket

 

 Semoga bermanfaat.

Terima kasih.



Source: Conversation with Bing, 2/15/2024 
(1) 6 Tugas Guru Piket Sesuai Permendikbud No. 15 Tahun 2018. https://www.aneiqbal.com/info/sekolah/tugas-guru-piket/. 
(2) Tugas Dan Tanggungjawab Guru Piket - Uraian Tugas. https://www.uraiantugas.com/2018/02/tugas-dan-tanggungjawab-guru-piket.html. 
(3) Contoh Format Laporan Guru Piket, Beserta Penjelasan Tugas Pokoknya. https://www.sonora.id/read/423997925/contoh-format-laporan-guru-piket-beserta-penjelasan-tugas-pokoknya.
Lokasi: Timbulsloko, Kec. Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar